Mengapa Perlu Dibimbing?

Home / Kabar Kami / Mengapa Perlu Dibimbing?

Siswa terlihat fokus saat membaca teks dan antusias saat mendiskusikan bagian cerita bersama guru. Siswa juga berpartisipasi aktif saat menjawab pertanyaan guru. Selanjutnya, siswa juga menikmati membaca teks bergiliran dengan pasangan diskusinya. Hal itu merupakan suasana kelas yang kita temui saat guru melaksanakan membaca terbimbing di salah satu sekolah rintisan YLAI di Kabupaten Sumba Barat Daya.

Lantas, apa peran penting dari membaca terbimbing ini? “Dengan kegiatan membaca terbimbing, saya menjadi lebih fokus membimbing anak-anak dalam kelompok kecil untuk mengembangkan keterampilan membaca mereka. Mereka membaca buku bacaan berjenjang yang sesuai dengan kebutuhan membaca mereka. Mereka senang sekali membaca dan lebih konsentrasi membaca karena buku yang dibaca pas dengan kemampuan mereka.” ucap Ibu Debora, salah satu guru penerima manfaat program membaca berimbang di sekolah rintisan YLAI di Sumba Barat Daya, saat selesai mengajar kegiatan membaca terbimbing di kelas 2.

Melalui membaca terbimbing, guru mengelompokkan siswa sesuai dengan tingkat kesiapan membaca yang sama (homogen) dalam kelompok kecil. Hal ini dilakukan untuk membantu peningkatan keterampilan membaca anak secara lebih efektif dan optimal. Guru juga memilih dan mengenalkan buku yang tepat sesuai dengan tingkat instruksional mereka. Dengan kata lain, guru memilih buku yang sesuai dengan kemampuan membaca siswa, di mana buku tersebut tidak terlalu mudah maupun tidak terlalu sulit bagi siswa sehingga siswa tidak merasa bosan atau pun frustrasi. 

Guru juga memperdalam pemahaman siswa terhadap buku yang dibaca dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang efektif dan HOTS (High Order Thinking Skills). Guru juga membimbing siswa untuk mendiskusikan dan menanggapi bacaan tentang  tokoh, latar waktu, latar tempat, dan isi cerita serta kosakata baru yang terdapat di dalam bacaan supaya membantu siswa menghubungkannya dengan kehidupan mereka sehingga siswa mampu memahami isi bacaan.

Membaca terbimbing membantu setiap siswa untuk memproses berbagai macam teks dengan tingkat kesulitan yang meningkat secara berjenjang, tidak hanya dalam hal kelancaran tetapi juga di sisi pemahaman. Dengan demikian, siswa akan mengembangkan minat baca, keterampilan membaca, dan kepercayaan diri sehingga nantinya mereka akan mampu menjadi pembaca mandiri yang baik. Untuk informasi lebih lanjut terkait membaca terbimbing kunjungi youtube channel YLAI di https://www.youtube.com/channel/UC-WGkE25B4XYuxbFc1aljsg

Comments(0)

Leave a Comment