Belajar dari Rumah Jadi Mudah

Home / Kabar Kami / Belajar dari Rumah Jadi Mudah

Halo sahabat literasi! Masih ingat dengan Modul Belajar Literasi dan Numerasi di kabar kami sebelumnya? Di kabar literasi kali ini, kami akan berbagi lebih dalam tentang modul tersebut. Jadi, pada awal masa pandemi Covid muncul, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menggagas untuk menyusun Modul Belajar Literasi dan Numerasi untuk SD. Modul tersebut dikembangkan untuk digunakan oleh siswa, orang tua, dan guru dalam memfasilitasi pembelajaran siswa dalam masa pandemi Covid atau kondisi khusus lainnya. Dengan dikembangkannya modul tersebut, guru-guru diharapkan dapat terinspirasi untuk mengembangkan perangkat ajar lain atau menggunakan modulnya langsung dalam upaya memfasiliatsi siswa untuk belajar dalam kondisi khusus seperti pada masa pandemi.

Yayasan Literasi Anak Indonesia (YLAI) sebagai organisasi penggerak dalam pengembangan literasi siswa kelas awal berkesempatan untuk ikut menyusun modul belajar literasi ini dan berperan sebagai pengarah materi dan penulis modul  literasi untuk kelas 1, 2, dan 3 bersama Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolgi (PUSMENJAR – Kemendikbud Ristek). Modul Belajar Literasi dan Numerasi ini merujuk pada Kompetensi Dasar pada Kurikulum dalam Kondisi Khusus. Meskipun modul ini berorientasi pada literasi dan numerasi, Kompetensi Dasar yang dirujuk adalah Kompetensi Dasar dari berbagai mata pelajaran dan diperkuat dengan penguatan Pendidikan Karakter serta Kecakapan Hidup  sehingga dapat memfasilitasi pembelajaran harian siswa secara holistik.

Modul literasi yang disusun terdiri atas 9 tema pembelajaran untuk 1 tahun ajaran. Setiap tema terdiri dari 4 subtema. Satu set modul untuk 1 subtema digunakan untuk 1 minggu pembelajaran, yang terdiri dari modul siswa, modul guru, dan modul orang tua. Modul belajar siswa, modul pendamping bagi guru, dan modul pendamping bagi orang tua saling melengkapi satu sama lain.

Modul Belajar Siswa berisi berbagai aktivitas pembelajaran yang kontekstual. Aktivitas di dalam modul ini dapat dilakukan oleh siswa dengan didampingi oleh orang tua atau anggota keluarga lainnya dari rumah.
Modul Pendamping bagi Orang Tua berisi langkah-langkah dalam mendampingi anak ketika belajar dan merangkum pembelajaran dalam satu minggu. Modul ini akan memudahkan orang tua dalam menyiapkan keperluan dan strategi belajar anak dalam pembelajaran.
Modul Pendamping bagi Guru berisi penjelasan mekanisme pendistribusian modul, cara memberikan umpan balik untuk penilaian kinerja siswa, jabaran pemetaan Kompetensi Dasar, dan kerangka acuan modul. Di dalamnya, juga dilengkapi dengan penjelasan aktivitas siswa selama pembelajaran satu minggu agar guru dapat terus memfasilitasi dan memantau siswa ketika belajar dari rumah.

Melalui penggunaan Modul Belajar Literasi dan Numerasi ini, seluruh kegiatan pembelajaran diharapkan bisa dilakukan dengan mudah. Siswa akan menikmati kegiatan belajar yang menyenangkan, konkrit, kontekstual, relevan, dan bermakna. Nah, ingin melihat lebih detail aktivitas-aktivitas literasi pada modul ini, ayo kunjungi laman bersama hadapi corona di: Klik Tautan

Comments(0)

Leave a Comment