YLAI Merangkul Sekolah Dasar di Rendang untuk Menciptakan Pembelajar Sepanjang Hayat

Home / Kabar Kami / YLAI Merangkul Sekolah Dasar di Rendang untuk Menciptakan Pembelajar Sepanjang Hayat

Yayasan Literasi Anak Indonesia (YLAI) melakukan kunjungan perdana ke UPT kecamatan Rendang untuk membicarakan rencana pengembangan budaya literasi di enam sekolah dasar di kecamatan tersebut. Pertemuan ini mendapat sambutan baik dari Kepala UPT Kecamatan Rendang, Pengawas, dan enam Kepala Sekolah SD yang akan dijadikan sebagai sekolah mitra oleh YLAI. Pertemuan yang diadakan di SD 1 Besakih ini, memunculkan semangat baru untuk memperluas kegiatan literasi di Bali.
Dalam pertemuan ini, YLAI memaparkan program-program yayasan dan pentingnya lingkungan yang kaya literasi di kelas-kelas. Dipaparkan juga bagaimana program-program YLAI telah diadaptasi oleh berbagai lembaga dan telah dirasakan manfaatnya oleh ribuan siswa di seluruh Indonesia.
Para kepala sekolah yang hadir dalam pertemuan itu sangat antusias untuk menyambut kedatangan program YLAI di sekolah mereka masing-masing. Mereka tidak sabar untuk mengimplementasikannya sehingga dapat segera dirasakan manfaatnya bagi anak-anak didik mereka.
Hal pertama yang akan dilatihkan adalah menciptakan lingkungan kelas kaya literasi. Lingkungan kelas yang kaya literasi menstimulasi siswa untuk mengembangkan kemampuan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Hal ini mencakup pemilihan bahan ajar yang membantu melatih kemampuan literasi dan mendorong pengelolaan ruang kelas yang interaktif seperti, pajangan hasil karya anak dan pojok baca.
Diharapkan, program yang dimulai oleh enam sekolah partner YLAI di pusat pura-pura di pulau Bali ini akan dirasakan juga manfaatnya bagi lebih banyak siswa di sekitarnya.
Dengan terciptanya lingkungan kelas yang kaya literasi, anak semakin menggemari kegiatan membaca sehingga kegiatan membaca akan membudaya. Budaya baca akan menjadikan seorang anak tumbuh menjadi seorang pembelajar sepanjang hayat, yang tumbuh dengan penuh rasa keingintahuan dan terus menerus mengembangkan potensi dan kualitas hidup mereka.

Comments(0)

Leave a Comment

Hallo
Send via WhatsApp