Uji Lapangan yang Menyenangkan

Home / Kabar Kami / Uji Lapangan yang Menyenangkan

Pada tanggal 6-8 Februari 2018, YLAI berkesempatan untuk melakukan uji lapangan atas 5 judul buku cerita bergambar yang akan diterbitkan melalui proyek kerja sama bersama Room to Read. Agar buku-buku tersebut layak terbit, buku-buku tersebut wajib diujicobakan langsung kepada target pembaca. Melalui uji lapangan ini, diharapkan kami bisa mendapatkan catatan yang dibutuhkan untuk perbaikan demi penyempurnaan buku-buku tersebut.

Uji lapangan dilakukan di 3 sekolah dasar, yakni SD No. 7 Kesiman, SD No. 12 Kesiman, dan SD No. 16 Kesiman. 30 siswa kelas 1 hingga 3 ikut membantu kami dalam menguji kelima buku tersebut. Pengujian diawali dengan membaca bersama beberapa buku. Selanjunya, setiap siswa diberi kesempatan untuk membaca mandiri buku-buku lainnya. Keterbacaan dan pemahaman mereka akan cerita yang disajikan lewat buku-buku tersebut menjadi parameter penting bagi kami dalam mengukur kelayakan setiap judul buku. Demikian juga dengan setiap keceriaan maupun kebingungan yang terpancar di wajah mereka turut ikut menjadi bagian yang tak kalah penting dari kegiatan ini. Hasilnya, banyak sekali catatan yang bisa kami pakai untuk proses perbaikan selanjutnya.

Semua siswa yang terlibat sangat menikmati kegiatan ini. Kami selaku tim editor pun demikian. Semua berjalan lancar dan senyum-senyum di wajah para siswa adalah hasil terbaik yang juga bisa kami bawa pulang.

Terima kasih adik-adik untuk uji lapangan yang menyenangkan. Selanjutnya kakak-kakak penulis, ilustrator dan editor akan menyempurnakan buku-buku ini untuk kalian dan teman-teman di seluruh pelosok Indonesia.

Comments(0)

Leave a Comment