Selamat Hari Pendidikan 2 Mei 2018

Home / Kabar Kami / Selamat Hari Pendidikan 2 Mei 2018

Hari Pendidikan Nasional yang diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahun, adalah hari yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa. Sejak awal, konsep pendidikan memiliki hubungan yang erat dengan sekolah sebagai lembaga di mana pendidikan diberikan di bawah pengawasan guru. Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2018, kali ini YLAI ingin mempersembahkan profil sekolah binaan YLAI, yaitu SDN 7 Kesiman.

SDN 7 Kesiman telah bermitra dengan YLAI sejak tahun 2014 untuk menerapkan program membaca berimbang. Di tahun 2016, kemitraan tersebut berlanjut ke tahap yang lebih erat di mana YLAI kembali memberikan penyegaran pelatihan membaca berimbang kepada guru-guru dan program ini juga diterapkan dalam keseharian sekolah. Selain itu, YLAI juga memberikan bantuan buku dan pelatihan untuk Program Sudut Baca di kelas 1, 2, dan 3 yang disambut dengan komitmen sekolah untuk menyediakan sarana dan prasarana. Puncaknya adalah terpilihnya SDN 7 Kesiman sebagai mitra pengembangan program perpustakaan ramah anak, yang semakin melengkapi upaya meningkatkan budaya baca siswa.

Hal ini tentunya tak lepas dari peran kepala sekolah, guru, dan pustakawan yang sangat berkomitmen untuk meningkatkan budaya membaca di kalangan siswa. Dalam kesempatan ini, Ibu Putu dan Bapak Kadek berbagi pengalaman bagaimana program-program YLAI mewarnai pendidikan di sekolah.

 

I Kadek Wartana (Pustakawan SD 7 Kesiman)

Program Perpustakaan Ramah Anak sangat bermanfaat bagi saya pribadi dan SDN 7 Kesiman. Melalui program ini, saya mendapatkan pengetahuan dalam pengelolaan perpustakaan seperti cara merawat buku, memajang buku, penjenjangan buku, dan administrasi perpustakaan. Bagi sekolah kami, dengan adanya perpustakaan yang layak, minat baca siswa meningkat yang dapat dilihat dari seringnya siswa berkunjung ke perpustakaan dan banyaknya siswa yang meminjam buku. Program ini juga bermanfaat bagi orang tua. Saat orang tua terlambat menjemput, siswa memilih menunggu sambil membaca buku di perpustakaan sehingga orang tua tidak khawatir anak bermain di jalan.

 

Ni Putu Harini Adiyatmaningsih (Guru Kelas V)

Program-program YLAI seperti sudut baca dan perpustakaan ramah anak memberikan pengaruh yang besar bagi pendidikan di SDN 7 Kesiman, terutama dalam kegiatan membaca. Dengan adanya program tersebut, minat baca siswa meningkat. Dengan seringnya siswa membaca, proses pembelajaran menjadi lebih baik, terutama dalam hal memahami bacaan dan menyimpulkan isi bacaan, sehingga siswa memahami materi dengan baik. Selain itu, siswa menjadi lebih percaya diri dalam menyampaikan pendapat dan bercerita di depan kelas. Bagi para guru juga banyak manfaat yang didapatkan, antara lain mengetahui cara merawat buku, cara membaca yang baik dan cara untuk meningkatkan minat baca anak.

Guru SD 7 Kesiman Sedang Melakukan Kegiatan Membaca Bersama
Ibu Eka dari YLAI sedang melakukan kegiatan membaca di salah satu Pojok Baca SDN 7 Kesiman
Perpustakaan Ramah Anak SD 7 Kesiman
Foto Bersama Guru SD 7 Kesiman

Oleh karena dukungan dari semua pihaklah, maka program-program ini dapat berjalan dengan baik. YLAI sangat berbangga hati untuk menggandeng SDN 7 Kesiman sebagai salah satu sekolah binaan. Dengan semangat hari pendidikan, kami berharap agar komitmen ini dapat menginspirasi lembaga pendidikan yang lain demi tercapainya Indonesia yang gemar membaca.

Comments(0)

Leave a Comment

Hallo
Send via WhatsApp