Program Pengembangan Sumber Daya

Home / Program  / Program Pengembangan Sumber Daya

Program Pengembangan Buku dimulai dengan keberhasilan pengembangan set buku-buku bacaan yang disusun dalam berbagai level membaca dan buku-buku berukuran besar yang digunakan untuk kegiatan membaca bersama, YLAI terus mengembangkan lebih banyak buku yang bisa dinikmati oleh anak-anak Indonesia. Dalam kerja sama dengan organisasi internasional, Room to Read, YLAI telah menerima pelatihan mengenai pembuatan buku anak-anak, dan menghasilkan 6 buku anak-anak bergambar yang berkualitas yang telah didistribusikan ke perpustakaan-perpustakaan di seluruh Indonesia. Dua dari buku-buku ini berhasil memenangkan kompetisi Samsung Kids Time Award pada tahun 2016. YLAI akan terus mengembangkan lebih lanjut 10 buku bergambar di bawah program ini untuk mendukung literasi untuk anak-anak di Indonesia. Pada gilirannya YLAI juga menyediakan pelatihan untuk para penulis dan ilustrator untuk menghasilkan buku-buku bergambar Indonesia dalam konteks yang berbeda-beda.

Buku Bacaan Berjenjang

Program membaca dengan menggunakan buku bacaan berjenjang pada kelas awal merupakan media pembelajaran literasi yang komprehensif, karena guru dapat mengukur kemampuan membaca anak. Salah satu organisasi yang mengembangkan program membaca buku bacan berjenjang di Indonesia adalah Yayasan Literasi anak Indonesia (YLAI). YLAI telah membangun program membaca yang inovatif di Indonesia berupa 75 judul buku bacaan berjenjang yang dilengkapi dengan panduan guru dan buku besar, guna membimbing guru dalam membimbing anak dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak di kelas awal.

Buku Cerita Bergambar

Di samping buku bacaan berjenjang, buku cerita bergambar juga sangat mendukung anak dalam meningkatkan kemampuan literasinya. Buku cerita bergambar adalah buku cerita anak, di mana ilustrasi memiliki porsi yang sama dengan teks dalam cerita atau bahkan lebih. Biasanya buku cerita bergambar berisi 32 halaman, dengan ilustrasi pada setiap halaman atau satu dari setiap pasangan menghadap halaman. Buku cerita bergambar juga memiliki ilustrasi yang menarik dan diharapkan dapat memancing imajinasi anak dalam merasakan cerita dalam buku dengan lebih dekat.

YLAI menggunakan buku cerita bergambar untuk melengkapi program membaca interaktif. Guru menggunakan buku untuk membawa siswa berinteraksi lebih jauh dengan cerita yang dibacakan.

Pelatihan Pengembangan Buku

Program Pengembangan Sumber Daya mensuplai bahan-bahan yang dapat digunakan dalam Program Membaca Berimbang, yaitu buku bacaan berjenjang untuk membaca terbimbing, buku besar untuk membaca bersama, dan buku cerita bergambar untuk membaca interaktif. Masing-masing jenis buku tersebut memiliki fokus dan strategi pengembangan yang berbeda. Dari sanalah hadir Pelatihan Pengembangan Buku, dengan tujuan untuk memberikan dukungan bagi para penulis dan illustrator dalam proses pembuatan buku sesuai kebutuhan program.