Program Membaca Berimbang

Home / Program  / Program Membaca Berimbang

Salah satu elemen yang paling penting dari pendidikan literasi adalah memiliki instruktur/guru yang paham bagaimana mengajar dan mengembangkan keterampilan membaca dan menulis secara efektif. YLAI membuat dan menyediakan buku-buku dan bahan-bahan untuk para guru, pustakawan dan pengelola sekolah, namun keberhasilan sangat bergantung pada pelatihan, mentoring dan monitoring. YLAI memberikan pelatihan mengenai metodologi membaca inovatif, dan memberikan dukungan khusus dalam bagaimana menerapkan program membaca yang kuat di kelas-kelas usia awal. YLAI melatih guru dalam pengajaran membaca interaktif, membaca bersama, membaca terbimbing, membaca berpasangan dan membaca mandiri.

Oleh karena itu YLAI mengembangkan pelatihan yang ditujukan dan dikhususkan untuk kepala sekolah, guru dan pustakawan untuk memastikan bahwa mereka memiliki pengembangan profesional berkelanjutan dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk memberikan kualitas kerja yang tinggi yang diharapkan dalam pengajaran literasi.  YLAI telah mengembangkan pelatihan khusus dan melakukan mentoring mengenai literasi untuk guru-guru sekolah dasar di Indonesia untuk memastikan bahwa mereka memiliki pengembangan profesional berkelanjutan dan keterampilan untuk mengembangkan budaya membaca yang komprehensif di sekolah-sekolah mereka.

YLAI memberikan pelatihan mengenai Program Membaca Berimbang untuk membimbing siswa dalam proses belajar membaca dengan menggunakan cerita-cerita yang berkaitan dengan kehidupan anak-anak, yang meliputi Pelatihan Membaca Interaktif, Pelatihan Membaca Bersama, Pelatihan Membaca Terbimbing, Pelatihan Membaca Berpasangan dan Mandiri

Membaca Bersama

Pelatihan Membaca Bersama membantu guru memodelkan proses membaca dengan  menggunakan Buku Besar kepada seluruh siswa di kelas. Program ini memfasilitasi guru dengan teknik-teknik untuk membimbing siswa melalui keterampilan membaca, memusatkan perhatian pada pemahaman, konstruksi teks, dan semantik serta isyarat visual yang berasal dari teks. Guru akan belajar bagaimana memodelkan  cara membaca yang baik melalui pengajaran kelas secara keseluruhan menggunakan buku besar. Siswa akan mengembangkan pemahaman tentang konstruksi teks, memperkaya kosakata mereka dan mengembangkan ketrampilan pemahaman yang lebih dalam.

Membaca Terbimbing

Pelatihan Program Membaca Terbimbing melatih guru teknik-teknik untuk melakukan kegiatan membaca dalam kelompok kecil yang berfokus secara khusus pada pemahaman, kosa kata dan pengembangan ketrampilan. Guru akan belajar memberikan instruksi membaca dalam kelompok kecil dengan menggunakan buku bacaan berjenjang. Siswa akan belajar keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan membaca mandiri. Guru juga akan belajar bagaimana menghubungkan membaca dan menulis melalui kegiatan tindak lanjut dan bagaimana melakukan penilaian membaca untuk menentukan tingkat membaca siswa.

Membaca Interaktif

Program membaca interaktif merupakan mekanisme membaca yang menggunakan interaksi pada saat membaca buku, berkomunikasi, menyampaikan dan menerima pesan bacaan di dalam buku yang dibaca. Melalui pelatihan program membaca interaktif, guru akan dilatih cara membaca cerita dan mengembangkan pemikiran interaktif dengan siswa. Melalui program membaca interaktif, aktivitas yang langsung melibatkan guru dan siswa mendorong pendengaran, partisipasi lisan, tanya jawab, diskusi, dan permainan peran untuk mengembangkan kemampuan bahasa siswa.Guru juga akan belajar bagaimana memonitor program membaca mandiri yang efektif.