PROGRAM MEMBACA TERBIMBING MENGGUNAKAN BUKU BACAAN BERJENJANG

Home / Kabar Kami / PROGRAM MEMBACA TERBIMBING MENGGUNAKAN BUKU BACAAN BERJENJANG

YLAI sebagai salah satu yayasan nirlaba yang bertujuan untuk mengembangkan budaya membaca dan kecintaan akan membaca di kalangan anak-anak Indonesia usia SD di semua sekolah di seluruh Indonesia, memiliki visi agar anak-anak menjadi pembaca mandiri seumur hidup dengan cara mengembangkan keterampilan membaca dan kecintaaan akan membaca. Sejalan dengan hal tersebut, YLAI mengembangkan Program Membaca Berimbang yang salah satunya adalah Program Membaca Terbimbing dengan menggunakan buku bacaan berjenjang.

 

Apakah program membaca terbimbing?

Program Membaca Terbimbing adalah kegiatan membaca dalam kelompok kecil yang berfokus secara khusus pada pemahaman, kosa kata, dan pengembangan keterampilan membaca. Guru akan memberikan instruksi membaca dalam kelompok kecil dengan menggunakan buku bacaan berjenjang. Siswa akan belajar keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan membaca mandiri. Guru juga akan mengajarkan bagaimana menghubungkan membaca dan menulis melalui kegiatan tindak lanjut serta melakukan penilaian membaca untuk menentukan tingkat membaca siswa.

Kunjungi website kami untuk melihat video pemodelan membaca terbimbing menggunakan buku bacaan berjenjang: http://literasi.org/sumber/video/

 

Buku yang digunakan untuk membaca terbimbing adalah buku bacaan berjenjang. Namun, mengapa buku-buku tersebut harus dijenjangkan?

  • Antara lain adalah untuk mengakomodir berbagai tingkat kesiapan dan keterampilan membaca siswa.
  • Diharapkan siswa dapat mulai dengan teks yang nyaman dan sesuai bagi dirinya.
  • Dengan membaca teks yang sesuai dengan kesiapan membacanya, siswa akan merasa berhasil dalam membaca dan termotivasi untuk membaca lebih banyak lagi.

 

Lalu, bagaimanakah buku-buku ini dijenjangkan?
Terdapat 75 judul yang terbagi ke dalam 6 jenjang. Untuk jenjang awal, jumlah kata dan kalimat hanya sedikit agar pembaca pemula dapat menyelesaikan bukunya tanpa kesulitan. Cerita juga sangat sederhana supaya mudah dipahami dan porsi ilustrasi pun lebih besar. Semakin tinggi jenjangnya, jumlah kata dan kalimat akan bertambah. Kompleksitas cerita juga akan meningkat.

 

Mengapa harus digunakan dalam program membaca terbimbing?

  • Untuk membantu siswa menggunakan strategi membaca mandiri sesuai dengan level instruksional mereka.
  • Sebagai jembatan bagi siswa untuk menjadi pembaca mandiri.
  • Untuk memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk mengembangkan kemampuan membacanya serta memungkinkan guru untuk mengenali kesulitan setiap siswa dan menyesuaikan pengajaran yang tepat.

 

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah menerapkan membaca terbimbing di kelas Anda?

Kami ingin mendengar pengalaman maupun pertanyaan Anda. Silahkan berbagi di kolom komentar.

Comments(0)

Leave a Comment

Hallo
Send via WhatsApp