Pelatihan Membaca Interaktif Dalam Kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru PAUD se-Denpasar

Home / Kabar Kami / Pelatihan Membaca Interaktif Dalam Kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru PAUD se-Denpasar

Sebagai tindak lanjut dari distribusi 266 set paket buku bacaan interaktif ke ratusan PAUD se-Denpasar yang dilakukan Yayasan Literasi Anak Indonesia (YLAI) pada bulan Maret lalu, YLAI kembali melengkapi paket tersebut dalam bentuk pemberian pelatihan dan pemodelan tata cara terbaik dalam kegiatan membaca interaktif di kelas. Pemodelan penggunaan buku-buku tersebut dikemas dalam bentuk kegiatan lokakarya. Lokakarya itu bertajuk Pelatihan Tenaga Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini kota Denpasar tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pemerintah Kota Denpasar. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 April 2016 bertempat di SKB Denpasar Timur, jalan Trengguli Denpasar.
Dalam kegiatan 4 jam itu, YLAI memaparkan informasi umum tentang membaca interaktif, diikuti oleh pemodelan. Setelah itu, para peserta diberi kesempatan untuk melakukan simulasi membaca interaktif.
Adapun tujuan kegiatan membaca interaktif di tingkat PAUD adalah sebagai upaya agar para pengajar bisa memenuhi kebutuhan literasi anak di tingkat PAUD dengan cara memperkenalkan anak pada buku bacaan sejak usia dini.
Fungsi dan tujuan membaca interaktif adalah melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan membaca, menumbuhkan minat baca pada siswa, mendorong siswa agar berfikir kritis melalui pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, meningkatkan keterampilan membaca dan pemahaman dan juga untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Pada lokakarya ini, peserta terlibat secara aktif dalam mengeksplorasi kegiatan membaca interaktif di dalam kelompok kecil. Peserta juga terlibat secara langsung dalam pelatihan praktik membaca di dalam kelas.
Diharapkan, setelah pelatihan ini para pengajar di tingkat PAUD se-Denpasar akan semakin terinspirasi dalam membuka wawasan siswa melalui literasi dan menjembatani kebutuhan siswa akan literasi.

Comments(0)

Leave a Comment

Hallo
Send via WhatsApp