MoU Pengembangan Perpustakaan Sekolah Ramah Anak dengan 5 Sekolah di Kecamatan Mengwi

Home / Kabar Kami / MoU Pengembangan Perpustakaan Sekolah Ramah Anak dengan 5 Sekolah di Kecamatan Mengwi

Pada tanggal 19 Oktober 2018, dilaksanakan penandatanganan MoU antara YLAI dengan 5 sekolah terpilih di Kecamatan Mengwi. 5 sekolah terpilih dalam program ini adalah SD No. 3 Sading, SD No. 3 Gulingan, SD No. 5 Gulingan, SD No. 5 Kapal, dan SD No. 5 Mengwitani. Penendatanganan juga dihadiri oleh Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Badung, Bapak I Made Suparsa dan Kepala UPT Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kecamatan Mengwi, Bapak I Wayan Koper.

5 sekolah tersebut akan menjadi sekolah-sekolah pilot dalam mengembangkan perpustakaan ramah anak di sekolah melalui berbagi peran dan tanggungjawab dari semua pihak terkait, mulai dari Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung dari tingkat Kabupaten hingga Kecamatan dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung. Dalam progam ini, keterlibatan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga semakin banyak dan begitu juga dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Badung. Sejak semula, proses seleksi sekolah sudah dilakukan oleh pihak Dinas, melalui Bapak I Made Atmaja, selaku penilik sekolah yang membantu pelaksanaan program di Kecamatan Mengwi. Sekolah-sekolah tersebut akan melakukan pembenahan dan pengelolaan perpustakaan dengan dukungan buku serta rak buku dari YLAI. Selanjutnya, mereka akan dengan mandiri menyiapkan pengecatan dan menghias serta melakukan renovasi kecil di perpustakaan masing-masing dengan dukungan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung.

Dalam program ini, baik Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga maupun Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Badung akan turut ambil bagian dalam berkerjasama. Pelatihan akan dilakukan di UPT Dinas Pendidikan dan Kepemudaan Kecamatan Mengwi dengan melibatkan fasilitator daerah Kabupaten Badung baik dari unsur Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga maupun Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung untuk berpartisipasi sebagai pemateri. Demikian juga, monitoring dan koordinasi di lapangan juga akan dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga, melalui Penilik maupun pengawas di kecamatan Mengwi. Pelatihan akan dilakukan bersama dengan tim YLAI dengan pembiayaan konsumsi dari masing-masing sekolah menggunakan dana BOS. Partisipasi ini diharapkan dapat menjadikan program ini menjadi kolaborasi yang dapat dikembangkan lagi olah Dinas di kecamatan lain di kemudian hari, mengingat bahwa di tahun 2019 nanti, semua sekolah dasar di Badung akan mendapat buku dari Dinas dalam jumlah yang sangat banyak untuk perpustakaan sekolah.

Comments(0)

Leave a Comment

Hallo
Send via WhatsApp