Menumbuhkan Minat Baca di Kecamatan Manggis Karangasem

Home / Kabar Kami / Menumbuhkan Minat Baca di Kecamatan Manggis Karangasem

Setelah sukses mengembangkan 64 perpustakaan ramah anak di Kabupaten Badung dan Kota Denpasar kini Yayasan Literasi Anak Indonesia kembali berkomitmen untuk menumbuhkan minat baca siswa sekolah dasar di Kabupaten Karangasem. Kecamatan Manggis di Karangasem kini memiliki 7 perpustakaan ramah anak yang telah diluncurkan pada tanggal 17, 18, dan 19 Desember 2019. Tujuh perpustakaan ramah anak ini terdapat di SDN 1 Selumbung, SDN 1 Manggis, SDN 1 Sengkidu, SDN 3 Ulakan, SDN 2 Gegelang, SDN 2 Antiga, dan SDN 2 Nyuh Tebel.  Peluncuran perpustakaan yang dipersiapkan dengan sangat matang oleh sekolah-sekolah penerima manfaat program dihadiri oleh Dinas Pendidikan, aparat desa, komite dan orangtua, serta perwakilan sekolah-sekolah terdekat.

Perpustakaan ramah anak berisi ribuan eksemplar buku yang terdiri dari ratusan judul yang terpilah dalam 6 jenjang. Buku-buku di perpustakaan ramah anak dibedakan berdasarkan jenjang untuk memfasilitasi kesiapan membaca anak. Suasana perpustakaan berbeda dengan lingkungan lainnya, dinding di cat dengan warna-warni dilengkapi dengan lukisan yang menarik membuat siswa merasa nyaman untuk membaca di perpustakaan.

Dengan adanya perpustakaan ramah anak di sekolah-sekolah, perpustakaan diharapkan dapat menjadi satu tempat favorit bagi anak-anak untuk mempelajari hal-hal baru yang harus mereka ketahui.  Dengan pengelolaan perpustakaan yang baik serta jam kunjung perpustakaan terjadwal, diharapkan anak-anak akan mau, sering, dan menikmati membaca sehingga tumbuh kebiasaan membaca. Dengan kebiasaan membaca yang kuat, anak-anak juga akan lebih terampil membaca. Dengan terampilnya membaca, diharapkan prestasi mereka dalam mata pelajaran lainnya juga akan terangkat.

Yayasan Literasi Anak Indonesia akan senantiasa mendukung sekolah-sekolah untuk menumbuhkan minat baca dan terus membuka cakrawala pengetahuan melalui akses terhadap buku-buku berkualitas. Semakin banyak membaca buku, semakin banyak yang kita ketahui, semakin banyak kita belajar, dan semakin banyak tempat yang dapat kita kunjungi.

Comments(0)

Leave a Comment