Menjelajah Literacycloud

Home / Kabar Kami / Menjelajah Literacycloud

“Apakah anak-anak bisa menggunakan literacycloud untuk membaca buku?” Pertanyaan yang menarik itu muncul dari seorang peserta saat mengikuti orientasi tentang literacycloud. Di balik pertanyaan itu, rupanya ada sebuah keinginan agar anak-anak bisa mengakses buku-buku dengan lebih mudah dan beraneka ragam.

Sebagai sebuah platform baru, literacycloud.org terus disosialisasikan secara luas oleh Yayasan Literasi Anak Indonesia (YLAI). Pengenalan mengenai literacycloud.org sudah dilakukan pada bulan Januari 2020 bersama perwakilan dari sekolah siklus 1 dan 2. Guru menjadi target sebagai pengguna utama dari platform ini. Di dalam literacycloud.org, guru-guru bisa menggunakan fitur-fitur utama seperti buku-buku, video, daftar bacaan, dan sumber untuk mendukung kegiatan membaca. Mereka diajak mengeksplorasi isi dari platform ini dalam pertemuan kedua ini.

Pertanyaan di atas sangat relevan. Tentu, sangat mungkin anak-anak bisa mengakses buku-buku. Hanya saja, pendampingan guru atau orang tua menjadi faktor yang penting dalam membantu menumbuhkan minat baca anak-anak. Untuk mendukung itu, tersedia video-video terkait dengan kegiatan membaca. Juga terdapat video-video kemampuan membaca yang dapat digunakan sebagai pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membacakan buku. Guru-guru juga diperkenalkan bagaimana mengelola daftar bacaan sesuai keinginan yang diperlukan.

Kemunculan literacycloud.org tidak bisa dilepaskan dari upaya untuk menumbuhkan minat baca anak. Peran guru menjadi kunci untuk bisa menggunakan literacycloud.org dalam mengembangkan cara-cara yang inovatif untuk melakukan kegiatan membaca. “Anak-anak pasti suka kalau membaca buku di layar bersama-sama,” ungkap salah guru. Dan, harapannya memang begitu! Silakan menjelajah sendiri terlebih dahulu sebelum menjelajah bersama anak-anak!

Comments(0)

Leave a Comment

Hallo
Send via WhatsApp