Membangun Kebiasaan Membaca di Tanah Papua

Home / Kabar Kami / Membangun Kebiasaan Membaca di Tanah Papua

Perpustakaan sekolah merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar yang efektif terjadi ketika siswa secara aktif dan mandiri memperkaya diri dengan membaca berbagai genre buku. Ketika siswa mau, sering, dan menikmati kegiatan membaca maka dapat dikatakan telah tumbuh kebiasaan membaca. Perpustakaan sekolah merupakan tempat yang disediakan di sekolah untuk memfasilitasi siswa untuk menumbuhkan kebiasaan membaca.

Hal ini selaras dengan visi Yayasan Literasi Anak Indonesia (YLAI). Cinta membaca menciptakan pembelajaran sepanjang hayat. Untuk itu YLAI bermitra dengan UNICEF Tanah Papua untuk melakukan Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Ramah Anak.

Pelatihan dilakukan dalam dua sesi. Pelatihan pertama dilaksanakan di Timika pada tanggal 11-12 September 2017 untuk sekolah-sekolah pilot di wilayah kabupaten Biak Numfor, Jayawijaya dan Mimika . Pelatihan berikutnya dilaksanakan pada tanggal 14-15 September 2017 di Manokwari untuk sekolah-sekolah pilot di wilayah kabupaten Jayapura, Sorong dan Manokwari. Pelatihan dihadiri oleh kepala sekolah, guru dan petugas perpustakaan yang ditunjuk, perwakilan dari Dinas Pendidikan dari tiap kabupaten serta perwakilan dari LPMP provinsi Papua dan LPMP provinsi Papua Barat. Sangat membanggakan melihat  komitmen dan usaha yang ditunjukkan masing-masing sekolah untuk memaksimalkan fungsi perpustakaan yang telah mereka miliki. Dengan dukungan berkelanjutan yang diberikan YLAI dan UNICEF Tanah Papua sekolah-sekolah ini terus berbenah untuk menciptakan perpustakaan ramah anak yang ideal. Dalam jangka waktu yang tidak lama, sekolah-sekolah yang ditunjuk ini akan menjadi model pengembangan perpustakaan ramah anak di Tanah Papua.

Sekolah sebagai ruang untuk mencerdaskan anak-anak bangsa perlu memiliki perpustakaan. Perpustakaan harus ‘hidup’ di tengah-tengah anak-anak. Perpustakaan yang kuat akan membangun siswa yang berkarakter kuat.

Comments(0)

Leave a Comment