Kunjungan USAID Prioritas Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan

Home / Kabar Kami / Kunjungan USAID Prioritas Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan

Tanggal 2 November 2015, YLAI didatangi oleh 19 fasilitator daerah USAID Prioritas Kabupaten Pinrang, Makassar; Sulawesi Selatan. Tamu istimewa ini terdiri dari Kepala Bidang Kurikulum Kabupaten Pinrang, para pengawas sekolah, kepala sekolah dan Disctrict Coordinator kabupaten Pinrang, Makassar. Kedatangan kelompok ini sangat ditunggu. Bagaimana tidak, kedatangan mereka mempunyai visi yang selaras dengan visi YLAI; meneruskan praktik membaca yang baik di kelas-kelas awal dan menjadikan para pembaca awal menjadi pemikir dewasa. Pada saat berkunjung, para penggiat literasi dan kependidikan dari kabupaten Pinrang ini melihat secara langsung bagaimana praktik membaca yang baik ini dijalankan di daerah asal dimana program ini pertama dijalankan, yaitu di Bali.

Dengan difasilitasi oleh YLAI, fasilitator daerah USAID Prioritas Kabupaten Pinrang telah mengunjungi 2 sekolah yang sejak awal menggunakan program YLAI di Bali, yaitu SDN 16 Kesiman dan SD Dyatmika.

Setelah melihat bagaimana praktik ini dijalankan di sekolah pilot dan sekolah contoh YLAI di Bali, terlihat dengan nyata bagaimana praktik langsung program membaca yang berimbang bagi para siswa kelas awal.

Setelah kunjungan yang sangat menginspirasi di dua sekolah ini, pada akhir pertemuan, disampaikan kembali keinginan besar dari kabupaten Pinrang untuk membawa program membaca yang diinisiasi oleh YLAI ini ke daerahnya. Kedepannya, program ini akan dibawa ke lebih banyak sekolah-sekolah di Makassar, Sulawesi Selatan. Keinginan yang disampaikan secara langsung oleh bapak Kabid Kurikulum Kabupaten Pinrang ini, disambut hangat oleh YLAI. YLAI akan melakukan apapun untuk membantu menjalankan program ini di Makassar.

Selanjutnnya, YLAI dan Pemkab Pinrang yang akan difasilitasi oleh kabid Kurikulum kabupaten Pinrang, akan menjalin kerjasama jangka panjang. Harapan YLAI, Pemkab Pinrang akan menjadi perpanjangan tangan YLAI untuk mewujudkan keinginan YLAI untuk membudayakan kebiasaan cinta membaca di seluruh Nusantara untuk menghasilkan pembaca yang dewasa dan kompeten.

Comments(0)

Leave a Comment

Hallo
Send via WhatsApp