Kunjungan Dinas PPO Kabupaten Bandung Barat ke SDN 3 Kuta

Home / Kabar Kami / Kunjungan Dinas PPO Kabupaten Bandung Barat ke SDN 3 Kuta

Sebagai salah satu SD binaan YLAI, SDN 3 Kuta kembali mendapatkan kunjungan atau studi banding. Kali ini, pada 10 Agustus 2016, SDN 3 Kuta mendapat kunjungan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Beragam kesibukan dan kegiatan di sekolah tidak menghalangi sekolah ini untuk menerima kunjungan. Para guru dan staf sekolah tersebut dengan dimotori oleh Ibu Kepala Sekolah (Ibu Nunik Nikolina) menunjukkan antusiasmenya menerima kunjungan dan berbagi pengalaman menjalankan kegiatan pengembangan literasi sekolah.

Ketika peserta kunjungan hadir, alunan musik tradisional yang dimainkan oleh siswa-siswa SDN 3 Kuta menyambut kedatangan mereka. Ada kurang lebih 30 peserta hadir. Mereka terdiri dari Kepala Dinas PPO, kepala UPT, pengawas, dan kepala sekolah. Mereka disambut oleh warga sekolah dan diantar menuju ke aula sekolah. Siswa-siswa SDN Kuta menyajikan tarian Bali yang mengisyaratkan ucapan selamat datang kepada para tamu yang hadir.

Dalam sambutannya, Ibu Nunik Nikolina menyatakan kebahagiaannya mendapat kunjungan dari Kabupaten Bandung Barat dan mempersilakan para peserta untuk melihat lingkungan sekolah dan proses belajar di kelas terkait dengan kegiatan literasi. Di sisi lain, Kepala Dinas PPO Kabupaten Bandung juga menyampaikan harapannya bahwa dari kunjungan ini, para peserta dapat melihat secara langsung apa yang sudah dikembangkan YLAI bersama SDN 3 Kuta dan dapat menerapkannya di Kabupaten Bandung Barat. Dalam kunjungan tersebut, para peserta juga berkesempatan melihat setiap sisi sekolah yang mencirikan lingkungan yang kaya literasi seperti pajangan hasil karya anak dan ruang baca. Ruang baca tidak terbatas di perpustakaan sekolah saja. Di depan kelas 1, 2, dan 3 disediakan buku-buku bacaan untuk para siswa yang dapat mereka baca saat beristirahat atau sebelum masuk kelas. Koleksi buku-buku disesuaikan dengan topik yang diangkat oleh masing-masing kelas. Di dalam ruang kelas, anak-anak juga dapat menikmati buku di pojok baca. Selama peserta mengamati pelaksanaan kegiatan membaca di kelas, staf YLAI memaparkan bagaimana mengelola kegiatan membaca di kelas baik melalui kegiatan membaca bersama (kelas 1 dan 3) maupun membaca terbimbing (kelas 2).

Kunjungan berjalan singkat namun memberi ruang pembelajaran yang bermanfaat terkait pelaksanaan kegiatan literasi di sekolah yang sudah dilakukan oleh SDN 3 Kuta. Semoga apa yang sudah diawali di Bali dapat menginspirasi banyak sekolah di tempat lain, khususnya di Kabupaten Bandung Barat.

Comments(0)

Leave a Comment

Hallo
Send via WhatsApp