Buku Bacaan Berjenjang Tingkatkan Minat Baca Siswa

Home / Kabar Kami / Buku Bacaan Berjenjang Tingkatkan Minat Baca Siswa

SERPONG – Peran guru diyakini turut memengaruhi rendahnya minat baca anak-anak Indonesia. Karena itulah, program meningkatkan minat baca kini mulai marak digalakkan melalui sekolah.

Selain gerakan 15 menit membaca setiap hari sebelum memulai pelajaran yang dicanangkan Kemdikbud, berbagai mitra pendidikan Indonesia juga turut ambil bagian dalam menumbuhkan kesadaran literasi sejak dini. Salah satunya dilakukan USAID Prioritas melalui program buku bacaan berjenjang.

Program ini menyasar para siswa sekolah dasar di awal masa studi. Melalui program buku bacaan berjenjang, para guru dapat memetakan kemampuan membaca tiap siswa dan menyusun berbagai strategi untuk meningkatkan kemampuan dan minat baca mereka sesuai data tersebut.

Di SD Jelupang 2 Serpong, Tangerang Selatan, misalnya, setiap hari para anak didik wajib membaca buku sebelum memulai pelajaran. Namun, mereka membaca bersama dengan bimbingan guru.

Sang guru memegang buku bacaan berjenjang dengan ukuran besar. Buku ini dihiasi banyak ilustrasi namun hanya sedikit kalimat sederhana yang mudah dipahami siswa. Penggunaan ilustrasi dimaksudkan memberi kesempatan kepada siswa yang belum bisa membaca untuk dapat memahami isi buku.

Salah satu guru fasilitator buku bacaan berjenjang adalah Eva Sujaeva. Guru SD Islam Khairunnas tersebut menjelaskan, usai mengajak pelajar kelas satu membaca, banyak siswa yang belum lancar membaca pun bisa memahani isi dan maksud buku yang dibawanya.

“Seperti bagian ini, gambarnya banyak tapi hanya ada lima kalimat. Nah, anak-anak sudah bisa tahu isi buku melalui penceritaan gambar,” ujar Eva di SD Jelupang 2, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (18/3/2016).

Buku bacaan berjenjang sendiri merupakan buku bacaan tambahan bagi siswa dengan materi di luar bahan pelajaran sehari-hari. Isi buku disesuaikan dengan kemampuan siswa kelas satu hingga tiga. Buku ini dirancang untuk membantu guru di kelas awal SD agar anak didiknya cepat bisa membaca dan memahami kata per kata dari setiap bacaannya tersebut.

Gerakan 15 menit membaca sebelum memulai kegiatan belajar di sekolah sendiri dicanangkan Mendikbud Anies Baswedan untuk membiasakan membaca di kalangan siswa.

“Gerakan ini, ditambah keberadaan buku bacaan berjenjang diharapkan bisa meningkatkan minat membaca siswa,” imbuh Eva.

Sumber: https://news.okezone.com/read/2016/03/18/65/1339513/buku-bacaan-berjenjang-tingkatkan-minat-baca-siswa

Comments(0)

Leave a Comment

Hallo
Send via WhatsApp