Bersiap-siap untuk Kecintaan Membaca

Home / Kabar Kami / Bersiap-siap untuk Kecintaan Membaca

Yayasan Literasi Anak Indonesia (YLAI) bersama pustakawan, guru, dan kepala sekolah telah melaksanakan pelatihan-pelatihan untuk mempersiapkan mereka menjadi sumber daya manusia yang mumpuni agar kelak perpustakaan bisa berfungsi efektif. Oleh karena itu, kini saatnya bagi warga sekolah untuk bersiap-siap membuka perpustakaannya agar dapat dinikmati anak-anak.

Hal pertama yang dilakukan sekolah adalah memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil di ruangan perpustakaan. Sekolah-sekolah bekerja luar biasa keras untuk memastikan ruangan perpustakaan nantinya aman dan nyaman bagi anak-anak. Setelah ruangan selesai direnovasi ringan, sekolah bersiap-siap untuk mendekorasi ruangan. Dekorasi ruangan dinilai penting agar ruangan perpustakaan nantinya mengundang anak untuk mengunjunginya. Pustakawan, kepala sekolah, guru, dan bahkan ada beberapa sekolah yang juga melibatkan murid, berembug bersama untuk mencari ide tema unik untuk dekorasi ruangan perpustakaan. Sangat terlihat di sini bahwa perpustakaan nantinya akan benar-benar dimiliki bersama dan dijaga bersama oleh warga sekolah.

Setelah proses-proses tersebut di atas, sekolah mulai menata perabotan agar ruangan lebih terlihat seperti perpustakaan. Berbagai material pendukung, perabot, serta buku yang telah dikirim YLAI akan ditata secara mandiri oleh sekolah dan akhirnya sekolah akan siap untuk membuka perpustakaannya. Sekolah-sekolah terpilih di siklus 3 ini benar-benar mengerahkan seluruh tenaga dan ide-idenya untuk menata ruangan yang nyaman bagi anak-anak sehingga mereka akan betah berada di perpustakaan dan lebih termotivasi untuk mencintai membaca.

Terimakasih bagi kerja keras sekolah, salam literasi! ( AL/LIB )

Comments(0)

Leave a Comment

Hallo
Send via WhatsApp