Bersama-sama Membuka Lembaran Baru

Home / Kabar Kami / Bersama-sama Membuka Lembaran Baru

Setelah 6 bulan sebelumnya berkumpul untuk menandatangani nota kesepahaman, kali ini kami berkumpul lagi di Rumah Pintar untuk melakukan Pembukaan Serentak 19 Perpustakaan Ramah Anak di Kota Denpasar. Para Kepala Sekolah, Guru dan Petugas Perpustakaan hadir mewakili sekolah masing-masing. Dalam acara ini kita bisa melihat seberapa besar perubahan yang telah dilakukan oleh sekolah. Berkat kerjasama dengan Yayasan Literasi Anak Indonesia (YLAI) serta inovasi dan kerja keras warga sekolah, perpustakaan di 19 sekolah ini telah berubah wajah dan siap difungsikan dengan maksimal.

Selain wajah perpustakaannya yang berubah, sikap dan cara berfikir orang-orang dewasa di sekitar anak-anak juga berubah dalam mendukung kebiasaan membaca. Sebagai contoh,  Ibu Wirdani yang merupakan Kepala Sekolah SDN 12 Pemecutan, menyadari pentingnya kerjasama antara sekolah dan rumah dalam mengelola pendidikan anak sehingga beliau aktif melibatkan orangtua dalam persiapan dan pelaksanaan perpustakaan. Lalu, ada Ibu Diah Kartini, Petugas Perpustakaan SDN 5 Dauh Puri, yang berkomitmen untuk menjadi pustakawan yang mengedepankan kenyamanan anak-anaknya dalam membaca. Ada pula Ibu Febri, Guru dari SDN 12 Peguyangan, yang menyadari betapa pentingnya guru menjadi contoh untuk menunjukkan bahwa membaca itu menyenangkan bagi anak-anak.

Pada hari Senin, 8 Oktober 2018, menjadi saat bagi 19 sekolah ini untuk membuka lembaran baru bagi pengembangan kebiasaan membaca di sekolah. Setelah pembukaan serentak ini, sekolah akan merayakan hadirnya perpustakaan ramah anak di sekolah masing-masing bersama keluarga sekolah. Sekolah yang bekerjasama dengan YLAI  mengetahui pentingnya mensosialisasikan program kepada orangtua murid di sekolah, sehingga ketika sekolah melakukan sosialisasi pembukaan perpustakaan ramah anak , Bapak dan Ibu pendidik memberitahukan kepada orangtua murid bagaimana mereka bisa lebih terlibat dalam meningkatkan kebiasaan membaca anak-anaknya.

Dengan dibukanya 19 perpustakaan ramah anak di Kota Denpasar maka sudah ada 49 perpustakaan ramah anak  di Provinsi Bali yang tersebar di Kabupaten Badung dan Kota Denpasar. Semoga perpustakaan-perpustakaan sekolah tersebut dapat berfungsi maksimal. Salam literasi!

(ALF)

Comments(0)

Leave a Comment

Hallo
Send via WhatsApp